makanan terfavorit

Posted: September, 21, 2011

Baru-baru ini, CNN merilis 40 makanan terfavorit di dunia. Dari 40 makanan tersebut, makanan asal Indonesia menempati urutan 3 besar. Lumayan, ada yang bisa dibanggakan di Indonesia, hehe.Nah berikut ini 5 dari 40 makanan yang masuk kriteria terlezat di dunia:
  1. Rendang

    Makanan ini biasa tersaji saat bulan Ramadhan. Makanan asli Minangkabau ini terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah di Indonesia, diantaranya cabai, lengkuas, serai, dan bawang dengan bahan utama daging sapi yang ditambah dengan santan. Bagi masyarakat Minang, makanan ini memiliki filosofi tersendiri yang digambarkan dalam 4 bahan pokok:
    • Daging menggambarkan pemimpin suku adat
    • Kelapa menggambarkan kaum intelektual
    • Cabai menggambarkan alim ulama
    • Bumbu menggambarkan keseluruhan masyarakat minang
  2. Nasi Goreng

    Nasi adalah makanan pokok penduduk Asia Tenggara. Menurut sejarah, nasi goreng telah masuk Asia Tenggara pada tahun 4000 SM oleh perantau dari Tionghoa. Mereka kemudian menetap di Asia Tenggara dan menciptakan nasi goreng khas Asia Tenggara. Oleh karena itu, nasi goreng memiliki variasi yang sangat banyak. Makanan ini dapat dinikmati dengan mudah dan murah. Dari warung tenda, gerobak makanan, sampai dengan restoran besar pasti menyediakan makanan ini. Unsur utama nasi goreng adalah nasi, minyak goreng, dan kecap manis. Ada pun variasi dari nasi goreng antara lain ada nasi goreng ikan asin, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng pete, nasi  goreng pattaya, nasi goreng Fukien, nasi goreng Singapura, dll.
  3. Sushi

    Makanan khas Jepang ini terbuat dari bahan utama nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayur mentah/sudah dimasak. Nasi sushi memiliki rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dalam huruf kanji. Pada awalnya istilah ini dipakai sebagai istilah untuk pengawetan ikan dimana ikan dibaluri dengan garam dapur, bubuk ragi, atau ampas. Sushi digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirshizushi, inarizushi, dan narezushi.
  4. Tom yam goong

    Sup asli Thailand ini terbuat dari udang, ayam, ikan/sea food lain, dan jamur. Biasanya disajikan dengan santan kelapa dan krim. Sup ini memiliki rasa yang unik yaitu campuran asam, asin, pedas, dan manis sehingga membuat penikmat makanan ini merasakan sensasi tersendiri. Selain itu makanan ini sangat murah dan mudah dalam membuatnya.
  5. Pad Thai

    Masih dari Thailand, makanan ini terbuat dari campuran mie plus nasi, kecap ikan, asam jawa, cabe merah, dengan kombinasi makanan laut (ikan, udang, dsb) dan tahu. Seperti tom yam goong, makanan ini memiliki ciri khas Thailand, yaitu disajikan dengan sea food.
Dari 5 makanan tersebut, dapat disimpulkan bahwa nasi memegang peranan yang penting dalam menciptakan sensasi kelezatan makanan di Asia Tenggara sehingga nasi bisa dibilang sebagai makanan pokok terfavorit di dunia. Hal ini seharusnya menjadi peluang bagi Indonesia yang memiliki banyak sekali lahan untuk menanam padi (daripada impor dari Thailand atau negara lain).

Sumber:
http://cnngo.com
http://id.wikipedia.org
http://en.wikipedia.org
(admin)

0 Response to "makanan terfavorit"

Posting Komentar

Tuna Roll Sushi