makanan fermentasi

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi adalah makanan yang diolah menggunakan mikroba lain untuk merubah kandungan zat makanan yang terkandung di dalamnya. Makanan fermentasi ini memang akrab untuk masyarakat Indonesia pada umumnya. Yang membuat makanan fermentasi akrab di telinga masyarakat Indonesia tentu saja masalah pengolahannya. Fermentasi menggunakan ragi sebagai bahan utama pengolah bahan makanana yang difermentasi. Fermentasi sendiri merupakan bagian terpenting dari pengolahan makanan tipe ini. Ragi dalam proses fermentasi berfungsi sebagai zat pengikat gizi supaya makanan tidak rusak dengan adanya bakteri yang hidup di dalamnya. Proses fermentasi dalam makanan adalah untuk mengendalikan pertumbuhan mikroba, mempertahankan gizi yang dikehendaki dan menciptakan kondisi yang tidak baik bagi mikroba yang merugikan.
makanan fermentasi tempe

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player
Supaya tidak ada bakteri yang merugikan hidup dalam makanan fermentasi, dalam prosesnya diharuskan tanpa adanya oksigen atau anaerobic respiration. Hasil fermentasi makanan akan diperoleh senyawa kimia seperti asam laktat yang memiliki fungsi dalam proses biokimia dalam tubuh manusia. Lalu ada juga aseton sebagai zat pelarut, hidrogen dan etanol juga yang dapat melarutkan senyawa kimia lain seperti pewarna makanan. Makanan fermentasi memang memiliki keunggulan yang cenderung diluar kemampuan pengetahuan orang awam pada umumnya. Makanan fermentasi memiliki keunggulan tersendiri. Bahan-bahan tersebut ada dalam bahan makanan yang terfermentasi. Dilihat dari segi kesehatan, makanan fermentasi memakai sel mikroba hidup yang menguntungkan bagi pencernaan. Manfaat fermentasi pada makanan antara lain mempertahankan nilai gizi makanan, menambah asupan gizi makanan dan penyerapan mineral makanan.

Manfaat makanan fermentasi bagi kesehatan

Manfaatnya pada tubuh manusia antara lain adalah memperlancar pencernaan karena memudahkan asupan zat gizi, meningkatkan kekebalan tubuh, zat anti tumor dan anti mutagenic. Manfaat yang dimiliki oleh makanan fermentasi memang cukup banyak dan bisa diandalkan. Hal ini tentu saja menjadi berita yang baik untuk anda yang menggemari makanan fermentasi. Mengingat manfaat baik yang dimiliki oleh makanan fermentasi, makanan ini sangat cocok dijadikan konsumsi tiap hari. Mengonsumsi produk-produk berfementasi dapat menjadi gaya hidup sehat sehari-hari. Fermentasi memiliki fungsi umum dan khusus dalam proses pengolahan produk yang biasa dikonsumsi masyarakat setiap hari. Jadi makanan fermentasi mengandung manfaat yang lebih besar dibanding bahan makanan yang tidak difermentasi atau bahkan makanan cepat saji yang beredar di masyarakat.
Selain manfaat untuk kesehatan, makanan fermentasi memiliki manfaat lainnya. Proses yang dilakukan dalam fermentasi dapat digunakan untuk menyelamatkan bahan makanan dari berbagai permasalahan seperi pembusukan dan peracunan. Makanan fermentasi pada umumnya memiliki masa penyimpanan yang panjang. Dari segi bisnis, makanan fermentasi dapat meningkatkan nilai tambah suatu bahan makanan atau mengurangi kerugian yang terjadi karena daya simpan makanan fermentasi yang cukup lama. Harga jual bahan makanan yang sudah difermentasi pun lebih mahal daripada bahan makanan aslinya. Menurut sebagian orang, tentu saja ini adalah bisnis yang menguntungkan. (iwan)
sumber: http://ridwanaz.com/kesehatan/mengenal-makanan-fermentasi-dan-manfaat-bagi-kesehatan/

1 Response to "makanan fermentasi"

  1. Unknown says:
    2 Juni 2013 pukul 00.53

    blognya rame amaat kak :D

Posting Komentar

Tuna Roll Sushi