kue khas makasar

Kue Khas Makassar Kue Buroncong

 Satu diantara kue tradisional Makassar yang paling berkesan (buroncong). Bahan utamanya kue buroncong adalah tepung yang dicairkan dan diberi campuran pemanis gula dan air santan kelapa untuk melezatkan kue. Setelah menjadi adonan, kemudian adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar diatas api.
Buroncong  ini biasanya dihidangkan dipagi hari dalam kondisi hangat bersama teh manis atau kopi. klo tidak sempat buat penganan ini bisa juga didapatkan dengan mudah di sekitaran penjual kue atau penjual khusus buroncong yang dijajakan tiap pagi meggunkan gerobak di kota makassar.
Buroncong ini terbuat dari 
1. tepung terigu
2. parutan kelapa (pilih kelapa yang berukuran muda buang kulit kasarnya)
3. gula pasir (putih)
4. soda kue
5. dan sedikit garam .

Semua bahan disatukan dalam satu adonan diaduk hingga rata dengan air. adonannya biasanya agak encer.
Setelah adonan siap. masukkan delam cetakan buroncong yang telah dipanaskan dengan bara api, jangan lupa olesi dulu cetakannya dengan minyak kelapa menggunakan kuas atau daun pisang agar adonannya tidak lengket.  paling enak kalau bahan bakarnya kayu arang. setelah adonannya kelihatan mengembang dan pinngirannya agak berwarna coklat pertanda kue buroncongnya sudah jadi. nah siap diangkat menggunakan gancu (biasanya tukan buroncong ahli memainkan ini). dan siap di makan buat sarapan bersama teh hangat.
Klo tidak sempat buat sendiri, di makassar kue ini umum kok terutama di pagi hari, harganya juga murah meriah sekitar Rp.500,-. rasa dari buroncong ini  juga bervariasi, tergantung penjualnya. terkadang ada juga yang agak asin, terlalu manis dan bahkan ada yang tidak menggunakan gula pasir...Buroncong asli makanan makassar

Pisang Epe'
 
 
pisang epe yang dalam arti bahasa makassar yaitu pisang tindis... Menikmati kuliner di suatu daerah menjadi tujuan utama para wisatawan. Jika Anda seorang Marketer yang sedang melakukan perjalanan ke Makassar, maka jangan lewatkan untuk menikmati lezatnya pisang epe di dekat Pantai Losari sambil menikmati ufuk yang dibanjiri warna jingga matahari sore hari.
Banyak cara yang dilakukan untuk menikmati pisang. Buah berwarna kuning yang memiliki banyak potassium dan kalium ini, dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan begitu saja, dibakar, digoreng, direbus, dibuat menjadi jus atau kolak. Di Makassar, pisang pun disajikan dengan cara yang berbeda dan menjadi jajanan khas kota produsen Minyak Tawon ini.
Pisang epe dibuat secara sederhana. Pertama pisang kapok setengah matang dipilih lalu dikupas kulitnya. Selanjutnya, pisang tersebut dibakar setengah matang di atas arang. Pisang yang mulai kecokelatan itu pun diangkat, diletakkan di atas kayu, lalu ditekan hingga pipih. Setelah itu, pisang kembali diletakkan di atas arang agar lebih renyah untuk dinikmati.
Setelah proses pembakaran usai, pisang tersebut disajikan di atas piring kecil, lalu disiram dengan pilihan topping, seperti selai durian, selai cokelat, atau susu kental manis. Beberapa penjual pisang epe juga bisa menambahkan taburan seperti keju atau kelapa sangrai. Harganya pun tak mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000,- Rp 7.000 ribu saja untuk satu porsinya.
Harga yang cukup murah ini ternyata bisa membuat kenangan yang tak terlupakan saat mengunjungi Pantai Losari. Keindahan warna jingga matahari yang memudar di ujung ufuk sambil menikmati manisnya pisang epe yang masih hangat bisa membuat Anda ingin kembali ke sana suatu saat nanti.

Kue Barongko 



 kue khas makassar lainnya yaitu barongko

Bahan:
  • 200 gr tepung beras
  •  25 gr tepung kanji 
  • 100 ml air mendidih 
  • 150 gr gula pasir 
  • 1/2 sdt garam 
  • 850 ml santan kental hangat
  • 5 bh pisang raja tua matang 
  • Daun pandan, iris 2 cm 
  • Daun pisang
Kuah:
350 ml santan kental
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Campur tepung beras dan tepung kanji, tuang air mendidih sambil di aduk-aduk hingga rata. Masukkan gula pasir dan garam, ratakan.
2. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit, aduk rata, jerang di atas api, masak hingga matang dan kental, angkat.
3. Kupas pisang, belah dua memanjang, iris tebal ½ cm, masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
4. Ambil selembar daun pisang, taruh daun pandan di bawahnya, ambil 2-3 sdm adonan dan 3 sdm santan kental, bungkus tum dan semat dengan lidi. Lakukan hingga adonan habis.
5. Masukkan dalam dandang yang telah dipanaskan, kukus hingga matang, angkat. dan jadilah kue barongko


adapun kue khas makassar lainnya
 
baruasa

bassang

Jalangkote

Pisangijo

Putu cangkir

dan masih banyak kue kue khas makassar yang blum sempat saya posting...

0 Response to "kue khas makasar"

Poskan Komentar

Tuna Roll Sushi